Maroko Berhasil Bungkam Portugal Di Babak Perempat Final Piala Dunia 2022

Maroko Berhasil Bungkam Portugal Di Babak Perempat Final Piala Dunia 2022

topmetro.news – Laga perempat final piala dunia 2022 kembali berlangsung dengan menyuguhkan persaingan sengit dan kejutan besar antara Timnas Maroko menghadapi Timnas Portugal. Pertandingan bergengsi ini berlangsung di Al Thumama Stadium pada hari sabtu, 10/12/22 pukul 22.00 WIB. Hasil dari pertandingan ini Maroko berhasil pulangkan Portugal di babak perempat final 2022 dengan skor tipis 1-0.

Dilihat dari statistik pertandingan, Portugal mampu menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 74%, dengan total tembakan sebanyak 12 kali dan 3 diantaranya mengarah ke gawang (on target). Sedangkan Maroko hanya mampu menguasai bola sebesar 26% dengan total tebakan 9 kali dan 3 diantaranya mengarah ke gawang. Namun statistik pertandingan tidak menjamin suatu kemenangan bagi tim yang bertanding.

Sejak mulainya babak pertama, Portugal tampil dengan tensi tinggi dan menekan jantung pertahanan Maroko. Peluang pertama Portugal tercipta di menit kelima melalui tandukan Joao Felix, namun peluang tersebut berhasil digagalkan dengan baik oleh Yassine Bounou (Kiper Maroko).

Tidak berselang lama, kali ini giliran Maroko yang mendapat peluang bagus melalui tendangan sudut kemudian bola mengarah tepat pada Hakim Ziyech dan disambut dengan sundulan, namun sundulan Ziyech masih berada diatas mistar gawng Portugal. Sehingga kedudukan masih sama yakni 0-0.

Saling Jual Beli Serangan

Jual beli serangan tidak dapat dihindarkan pada laga ini, terlihat di menit 30 Portugal kembali menciptakan peluang melalui tendangan keras dari Joao Felix dari luar kotak pinalti. Namun tendangan kerasnya masih mengenai Jawad El Yamiq sehingga mengakibatkan bola berbelok arah dan melebar di sisi gawang Maroko.

Tensi pertandingan berjalan sedang, kedua kesebelasan bermain dengan hati-hati dengan memperketat lini pertahanan. Pada menit ke-42 lini pertahanan Portugal mampu diacak-acak oleh Maroko sehingga membuahkan gol bagi keunggulan Maroko. Gol semata wayang Maroko ini diciptakan oleh Youssef En-Nesyri setelah ia memenangkan duel udara dengan tandukannya yang tidak dapat digagalkan oleh Diogo Costa Kiper Portugal.

Menuju berakhirnya babak pertama, Portugal kembali mengancam gawan Maroko melalui tendangan  volly yang dilepaskan oleh Bruno Fernandes dari sisi kanan. Namun upaya dari Bruno untuk menyamakan kedudukan masih dapat digagalkan oleh mistar gawang. Sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Maroko bertahan hingga selesainya babak pertama.

Meski sudah unggul, sesekali Maroko melesatkan serangan berbahaya melalui Tandukan El Yamiq setelah mendapat umpan lambung dari Ziyech. Namun usahanya untuk menggandakan kemenangan masih dapat diselamatkan dengan baik oleh Diogo Costa.

Dengan situasi tertinggal membuat C.Ronaldo dkk terus-terusan menggempur jantung pertahanan Maroko. Hal ini terlihat Portugal mampu menguasai setengah lapangan dan membuat pertahanan Maroko harus berjibaku di lini belakang. Meski demikian usaha yang dilakukan oleh Portugal masih buntu dan tidak membuahkan gol penyeimbang.

Memasuki tambahan waktu, Maroko harus bermain 10 orang, setelah Cheddira mendapat ganjaran kartu merah. Meski bermain dengan 10 orang, pertahanan Maroko masih kokoh untuk bisa ditembus oleh para Pemain Portugal. Sehingga skor 1-0 bertahan hingga berakhirnya pertandingan, dengan kemenangan ini memastikan Maroko mengantongi tiket semifinal Piala Dunia 2022.

Penulis | Rifat

Related posts

Leave a Comment